Menurut International Society for Technology
in Education karakteristik keterampilan guru abad 21 dimana era informasi
menjadi ciri utamanya, membagi keterampilan guru abad 21 kedalam lima kategori,
yaitu:
1.
Mampu
memfasilitasi dan mengisnpirasi belajar dan kreatifitas siswa, dengan indikator diantaranya adalah sebagai berikut:
·
Mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan
dan pemikiran kreatif dan inovatif
·
Melibatkan siswa dalam menggali isu dunia
nyata (real world) dan memecahkan permasalahan otentik menggunakan tool dan
sumber-sumber digital
·
Mendorong refleksi siswa menggunakan tool
kolaboratif untuk menunjukan dan mengklarifikasi pemahaman, pemikiran,
perencanaan konseptual dan proses kreatif siswa
·
Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif
dengan cara melibatkan diri belajar dengan siswa, kolega, dan orang-orang lain
baik melalui aktifitas tatap muka maupun melalui lingkungan virtual
2. merancang dan mengembangkan pengalaman belajar
dan assessmen era digital, dengan indikator sebagai
berikut:
·
Merancang atau mengadaptasi pengalaman
belajar yang tepat yang mengintegrasikan tools dan sumebr digital untuk
mendorong belajar dan kreatifitas siswa
·
Mengembangkan lingkungan belajar yang kaya
akan teknologi yang memungkinkan semua siswa merasa ingintahu dan menjadi
partisipan aktif dalam menyusun tujuan belajarnya, mengelola belajarnya sedniri
dan mengukur perkembangan belajarnya sendiri.
·
Melakukan kostumiasasi dan personalisasi
aktifitas belajar yang dapat memenuhi strategi kerja gaya belajar dan kemampuan
menggunakan tools dan sumber-sumber digital yang beragam.
·
Menyediakan alat evaluasi formatif dan
sumatif yang bervaiasi sesuai dengan standar teknologi dan konten yang dapat
memberikan informasi yang berguna bagi proses belajar siswa maupun pembelajaran
secara umum
3. menjadi model cara belajar dan bekerja di era
digital, dengan indikator sebagai berikut:
·
Menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi
dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru
·
Berkolaborasi dengan siswa, sejawat, dan
komunitas menggunakan tool-tool dan sumber digital untuk mendorong
keberhasilan dan inovasi siswa
·
Mengkomunikasikan ide/gagasan secara
efektif kepada sswa, orang tua, dan sejawat menggunakan aneka ragam
format media digital
·
Mencontohkan dan memfasilitasi penggunaan
secara efektif daripada tool-tool digital terkini untuk menganalisis,
mengevaluasi dan memanfaatkan sumber informasi tersebut untuk mendukung
penelitian dan belajar.
4. mendorong dan menjadi model tanggung jawab dan
masyarakat digital, dengan indikator diantaranya sebagai
berikut:
·
Mendorong, mencontohkan, dan mengajar secara
sehat, legal dan etis dalam menggunakan teknologi informasi digital, termasuk
menghagrai hak cipta, hak kekayaan intelektual dan dokumentasi sumber belajar.
·
Memenuhi kebutuhan pemelajar yang beragam
dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan
memberikan akses yang memadai terhadap tool-tool digital dan sumber belajar
digital lainnya.
·
Mendorong dan mencontohkan etika digital
tanggung jawab interkasi sosial terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
·
Mengembangkan dan mencontohkan pemahaman
budaya dan kesadaran global melalui keterlibatan/partisipasi dengan kolega dan
siswa dari budaya lain menggunakan tool komunikasi dan kolaborasi digital.
5. berpartisipasi dalam pengembangan dan
kepemimpinan profesional, dengan indikator sebagai
berikut:
·
Berpartisipasi dalam komunitas lokal dan
global untuk menggali i penerapan teknologi kreatif untuk meningkatkan
pembelajaran
·
Menunjukkan kepemimpinan dengan
mendemonstrasikan visi infusi teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan
keputusan bersama dan pemabungan komunitas, dan mengembangkan keterampilan
kepemimpinan dan teknologi kepada orang lain
·
Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian-penelitian
dan praktek profesional terkini terkait dengan penggunaan efektif daripada
tool-tool dan sumber digital untuk mendorong keberhasilan pembelajaran.
·
Berkontribusi terhadap efektifitas,
vitalitas, dan pembaharuan diri terkait dengan profesi guru baik di
sekolah maupun dalam komunitas.
Demikian, mudah-mudahan dapat membantu.
Sumber:
NETS·T © 2008 International Society for
Technology in Education. ISTE® is a registered trademark of the International
Society for Technology in Education. http://www.iste.org/nets
Tidak ada komentar:
Posting Komentar