E-LIB SMKNDUA TANJUNGPINANG

SELAMAT DATANG DI E_LIB ES EMKA N DUA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

Rabu, 14 Maret 2012

KETRAMPILAN GURU ABAD DUA SATU


Menurut International Society for Technology in Education karakteristik keterampilan guru abad 21 dimana era informasi menjadi ciri utamanya, membagi keterampilan guru abad 21 kedalam lima kategori, yaitu:
1.        Mampu memfasilitasi dan mengisnpirasi belajar dan kreatifitas siswa, dengan indikator diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan dan pemikiran kreatif dan inovatif
·         Melibatkan siswa dalam menggali isu dunia nyata (real world) dan memecahkan permasalahan otentik menggunakan tool dan sumber-sumber digital
·         Mendorong refleksi siswa menggunakan tool kolaboratif untuk menunjukan dan mengklarifikasi pemahaman, pemikiran, perencanaan konseptual dan proses kreatif siswa
·         Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan cara melibatkan diri belajar dengan siswa, kolega, dan orang-orang lain baik melalui aktifitas tatap muka maupun melalui lingkungan virtual
2. merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan assessmen era digital, dengan indikator sebagai berikut:
·         Merancang atau mengadaptasi pengalaman belajar yang tepat yang mengintegrasikan tools dan sumebr digital untuk mendorong belajar dan kreatifitas siswa
·         Mengembangkan lingkungan belajar yang kaya akan teknologi yang memungkinkan semua siswa merasa ingintahu dan menjadi partisipan aktif dalam menyusun tujuan belajarnya, mengelola belajarnya sedniri dan mengukur perkembangan belajarnya sendiri.
·         Melakukan kostumiasasi dan personalisasi aktifitas belajar yang dapat memenuhi strategi kerja gaya belajar dan kemampuan menggunakan tools dan sumber-sumber digital yang beragam.
·         Menyediakan alat evaluasi formatif dan sumatif yang bervaiasi sesuai dengan standar teknologi dan konten yang dapat memberikan informasi yang berguna bagi proses belajar siswa maupun pembelajaran secara umum
3. menjadi model cara belajar dan bekerja di era digital, dengan indikator sebagai berikut:
·         Menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru
·         Berkolaborasi dengan siswa, sejawat, dan komunitas menggunakan tool-tool dan sumber  digital untuk mendorong keberhasilan dan inovasi siswa
·         Mengkomunikasikan ide/gagasan secara efektif  kepada sswa, orang tua, dan sejawat menggunakan aneka ragam format media digital
·         Mencontohkan dan memfasilitasi penggunaan secara efektif daripada tool-tool digital terkini untuk menganalisis, mengevaluasi dan memanfaatkan sumber informasi tersebut untuk mendukung penelitian dan belajar.
4. mendorong dan menjadi model tanggung jawab dan masyarakat digital, dengan indikator diantaranya sebagai berikut:
·         Mendorong, mencontohkan, dan mengajar secara sehat, legal dan etis dalam menggunakan teknologi informasi digital, termasuk menghagrai hak cipta, hak kekayaan intelektual dan dokumentasi sumber belajar.
·         Memenuhi kebutuhan pemelajar yang beragam dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memberikan akses yang memadai terhadap tool-tool digital dan sumber belajar digital lainnya.
·         Mendorong dan mencontohkan etika digital tanggung jawab interkasi sosial terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
·         Mengembangkan dan mencontohkan pemahaman budaya dan kesadaran global melalui keterlibatan/partisipasi dengan kolega dan siswa dari budaya lain menggunakan tool komunikasi dan kolaborasi digital.
5. berpartisipasi dalam pengembangan dan kepemimpinan profesional, dengan indikator sebagai berikut:
·         Berpartisipasi dalam komunitas lokal dan global untuk menggali i penerapan teknologi kreatif untuk meningkatkan pembelajaran
·         Menunjukkan kepemimpinan dengan mendemonstrasikan visi infusi teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama dan pemabungan komunitas, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan teknologi kepada orang lain
·         Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian-penelitian dan praktek profesional terkini terkait dengan penggunaan efektif daripada tool-tool dan sumber digital untuk mendorong keberhasilan pembelajaran.
·         Berkontribusi terhadap efektifitas, vitalitas, dan pembaharuan diri terkait dengan profesi  guru baik di sekolah maupun dalam komunitas.
Demikian, mudah-mudahan dapat membantu.
Sumber:
NETS·T © 2008 International Society for Technology in Education. ISTE® is a registered trademark of the International Society for Technology in Education. http://www.iste.org/nets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar